RSS

Asyiknya Berkunjung ke Museum

17 Sep

Siapa bilang museum itu kuno! Tempat pemakaman benda dan karya seni? Museum pengetahuan dan alam jauh dari kesunyian itu. Benda diam itu serasa hidup, apalagi video grafis dan audio visual membuat kita berimajinasi seolah berada dan menjadi bagian dari alam.

@zanif2018
Isi dalam sel

Horee… ke Museum lagi!

Kali ini kami ke National Museum of Nature and Science, Ueno. Salah satu museum terbaik yang pernah kami kunjungi di Tokyo. Anak-anak bisa masuk gratis, saya pun gratis, tinggal nunjukin kartu mahasiswa. Banyak universitas yang bekerjasama dengan museum ini sehingga mahasiswanya pun mendapatkan hak khusus. Jika mengunjungi Ueno, selain Tokyo National Museum, sempatklanlah mampir di di museum ini.

Ada dua gedung utama yaitu Japanese gallery dan global gallery, masing-masing 3 lantai. Banyak hal bisa dipelajari disana. Anak-anak pun sangat menikmati berbagi objek dan banyak pertanyaan belum terjawab. Sayangnya objek bioskop 360 derajat sedang diperbaiki selama 6 bulan kedepan. Setidaknya butuh waktu 4 jam untuk kami mengunjungi semua koleksi yang ada di museum ini. 

Masuk ke Japanese gallery justru yang teringat adalah film Doraemon karena ada fosil Brachiosaurus, dinosaurus berleher panjang yang ada di film petualangannya. Sejarah tentang geologi Jepang juga lengkap ada disini, termasuk video mengenai pembentukan pulau Jepang dan berbagai batuan yang bisa ditemukan di berbagai wilayah di Jepang. Setiap sudut juga ada lokasi duduk untuk pengunjung yang kelelahan berjalan. 

Di Global gallery berbagai koleksi lebih lengkap, mulai dari zaman pra sejarah sampai teknologi terbaru seperti replika satelit dan teknologi terbaru. Video tentang daerah tropis yang berada di blok khusus tanaman tropis membuat kita serasa berada di dalam hutan hujan tropis. Di gedung ini jangan sampai lewatkan naik ke atap gedung dan bersantai sejenak di taman. Pemandangan hijau sekitar Taman Ueno dapat kita nikmati disini. 

Ueno Park

Tips Nyaman mengunjungi National Museum of Nature and Science, Ueno:

  • Jika mengajak anak-anak langsung tanyakan playground anak di Global gallery lantai 3, mengenai tiket dan jadwal masuknya. Wahana ini terbuka bagi anak umur 4-6 tahun bersama orangtua.
  • Bioskop 360 derajat jangan sampai dilewatkan. Ada di lantai 1 tidak jauh dari resepsionis. Saat ini masih direnovasi, dibuka lagi pada April 2019.
  • Karena lokasi banyak yang gelap, atur dan sesuaikan kamera.
  • Stroller untuk bayi ditinggal di lantai 1 dekat resepsionis karena akan mengganggu pengunjung lainnya dan demi keamanan juga.
  • Bawa bento dan makanan sendiri juga boleh karena kantinnya ada yang khusus buat pembeli menu di kantrin dan area lebih luas terbuka untuk umum. Menggunakannya di luar jam makan siang lebih direkomendasikan karena tidak terlalu padat pengunjung.
 
Leave a comment

Posted by on September 17, 2018 in Jepang

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: