RSS

Ramadhan di Hokkaido

20 Aug

Hokkaido adalah salah satu lokasi di Jepang yang sejak lama ingin dikunjungi. Lokasinya yang di utara dan lebih lama mengalami musim salju membuat berbagai objek wisata, bahkan festival salju mendunia. Apalagi banyak objek wisata mempesona sepanjang musim. Kalau di Tokyo salju lebat yang turun satu hari bisa mengacaukan jadwal transportasi, di Hokkaido justru semuanya lancar dan terkendali karena mereka sudah terbiasa dan bisa beradaptasi dengan salju. Begitu adaptifnya orang-orang yang tinggal disana, mulai dibangunnya jalan yang sangat lebar untuk menumpuk salju di pinggir yang kemudian diangkut truk, dan adanya jalan bawah tanah beserta pusat perbelanjaannya. Alhamdulillah beberapa waktu lalu saya berkesempatan kesana di bulan Ramadhan untuk menghadiri konferensi tahunan economic agriculture. Suhu di akhir Mei sudah mulai menghangat, sangat nyaman untuk travelling.

Kesempatan untuk berinteraksi dengan saudara-saudara Muslim di sana tentunya tidak boleh dilewatkan. Masjid Sapporo menjadi pusat kegiatan muslim di sekitar kampus Hokkaido. Hanya berjalan kaki sekitar 15 menit dari stasiun Sapporo atau 10 menit dari kampus Hokkaido, kita sudah bisa menjumpai masjid dua lantai ini. Saat Ramadhan, buka bersama dan sholat berjamaah adalah acara yang dinantikan. Jika di hari Jumat jamaah Maghrib yang datang sekitar 70-100 orang, ketika akhir pekan (Sabtu-Ahad) pengunjung bisa mencapai 200 orang lebih. Jika hari biasa, cukup ada yang bertugas memasak di masjid, namun jika akhir pekan, mereka bergiliran menyuguhkan makanan, saat itu giliran teman-teman dari Bangladesh dan Malaysia menyuguhkan makanan untuk berbuka puasa.

Sebagaimana kota lainnya, di Sapporo, saat ini juga sedang berbenah untuk memperbesar Masjid dengan membeli bangunan di sebelahnya. Komunitas muslimnya terus menggeliat, tentunya kabar gembira buat kita semua. Memang untuk menampung jamaah yang semakin bertambah (300 orang lebih), bangunan yang ada sudah tidak layak dan cukup lagi. Apalagi jika ingin difungsikan sebagaimana Islamic Center, tentunya ruang-ruang pertemuan dan diskusi yang lebih luas juga diperlukan. Belum lagi fasilitas tempat parkir yang layak.

Berinteraksi dengan saudara-saudara muslim selama tiga hari tentunya banyak kesan yang didapat. Komunitas Indonesia sendiri juga cukup banyak, beberapa aktif juga mengelola masjid bersama muslim lainnya dari Pakistan dan Bangladesh. Selain mahasiswa internasional, jamaah masjid Sapporo juga banyak berasal dari pengusaha dan pekerja yang sudah lama mukim disana. Setiap sore ada pendidikan Qur’an buat anak-anak. Masjid begitu riuh dengan suara anak mengaji, sesekali mereka bermain berkejaran kesana-kemari. Ada seorang imam dari Pakistan yang sangat fasih bacaan Qur’annya dan saat shalat terawih sambil menunggu witir, ia memberikan tausiyah. Sholat tarawih disini dilakukan sebanyak 8 rakaat, berlangsung selama hampir 2 jam, dari jam 21.00-23.00 JST.

Saat berbuka, ada juga beberapa orang Jepang yang bergabung ikut berbuka puasa bersama. Mereka sekedar ingin merasakan kebersamaan dan penasaran akan ajaran Islam. Katanya suasana kehangatan seperti ini tidak didapatkan di keluarganya, dimana orangtuanya sibuk bekerja. Semoga menjadi jalan hidayah. Melihat dan merasakan sendiri bagaimana suasana hangat dan kekeluargaan, dakwah Islam di Jepang akan semakin diterima. Berbagai isu negatif tentang Islam di luar sana yang banyak ditudingkan tentunya harus dijawab dengan baiknya akhlaq dan terus berinteraksi dengan ramah. Jika sudah sampai ke tahap membangun sebuah masjid, tentunya muslim disana terbukti sudah semakin solid. Semoga Masjid yang diidamkan di Sapporo segera terwujud.

 
Leave a comment

Posted by on August 20, 2018 in Jepang

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: