RSS

Belajar Antre

17 Mar


Ada banyak hak yang dijaga ketika kita mau antre. Siapa yang duluan, dia lebih berhak untuk memperoleh haknya, dalam membeli maupun duduk menggunakan fasilitas publik, dll. Namun begitu, prioritas tetep diberikan kepada orang tua, ibu hamil dan anak-anak ketika naik bus maupun kereta, sehingga yang di belakang dan membutuhkan tetap nyaman.

Fadhil dan Aisyah pun sedang belajar antre. Seringkali bertanya ngapain sih harus berbaris? Untuk hal ini kami pun mudah memberi pengertian. Namun ada fenomena yg unik yang kami juga sulit mengerti, dimana disini orang rela antre 1 jam sebelum toko buka maupun untuk makan rela berdiri lama mengular untuk menunggu gilirannya. Awal-awal memang sulit karena maunya duluan masuk bus, masuk kereta, masuk lift dan macam-macam aktifitas, mereka maunya serba pertama. Namun perlahan tapi pasti, anak-anak mulai mengerti.

Dengan antre semua lebih nyaman, selamat dan juga anak belajar untuk menghargai sebuah usaha; jika mau duluan ya datang dulu dengan persiapan lebih awal. Anakpun merasa bahwa orang lain juga penting. Rasa malu pun akan tumbuh jika merampas hak orang lain.

Ada banyak hal yang bisa dipelajari, dan pelajaran hidup antre sejak dini ini memang akan bermanfaat kelak, bahwa manfaat antre itu menjaga banyak hak dan agar semua hak tertunaikan dengan baik, kita wajib untuk ikut etika baik yg dijunjung masyarakat sekitar. Toh, kita juga ingin dihargai kan? 😊

Tokyo, 17 Maret 2017

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on March 17, 2017 in Activity, umum

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: