RSS

Agro-innovation Jepang 2016

20 Dec

agro-innovation-japan

Tokyo adalah pusat dari salah satu kawasan terbesar di dunia. Tokyo, kota yang masuk kawasan Kanto ini menjadi kawasan terpadat di Jepang dengan kota lainnya yaitu Yokohama, Kawasaki, Saitama dan Chiba. Tokyo merupakan pusat kegiatan ekonomi dan konsumen yang dinamis. Setengah dari perusahaan Jepang publik berkantor pusat di Tokyo, bersama dengan sejumlah besar perusahaan modal ventura dan UKM dengan teknologi yang unik.

Berawal dari informasi teman, kami akhirnya tertarik juga untuk mendatangi Agro-innovation 2016, sebuah pameran profesional yang menampilkan teknologi dan produk terdepan bisnis pertanian di Jepang. Event-event besar di Jepang banyak diadakan di Tokyo, sebuah keberuntungan bagi para pelajar-mahasiswa yang kuliah di wilayah ini. Tentunya ini menjadi kelebihan tersendiri di tengah hiruk pikuk dan padatnya transportasi. Sarana refreshing yang sangat bermanfaat dan menambah ilmu.

Tokyo Big Sight di Odaiba menjadi lokasi expo yang meliputi produksi pertanian, pengolahan, grading, logistik dan berbagai teknologi unggulan pertanian lainnya. Hari terakhir ini tidak seramai yang dibayangkan, disisi lain ini menjadi keuntungan kami bisa melihat stand satu per satu. Sayangnya keterbatasan bahasa menyebabkan ilmu tidak tertransfer semua. Hmmm… perlu belajar lagi nih Nihongo. Beberapa stand penelitinya bisa menjelaskan dengan baik dalam bahasa Inggris, kesempatan yang tidak boleh kami lewatkan.

Salah satu stand yang menarik yaitu stand yang menyajikan info tentang i-Farming. Bukan karena kami dapat payung gratis disitu, hehe. tapi juga infonya memang up to date tentang penggunaan satelit di bidang pertanian. Wakamori yang menjadi senior manager Space Research Business Group Japan Manned Space System Corporation (JMSSC) menjelaskan bagaimana data dari satelit digunakan sebagai layanan informasi pertanian, layanan informasi meteorologi da layanan informasi bencana. Status budidaya tanaman dapat diakses melalui smartphone dan dapat di-update setiap 10 hari sekali.

Hal lainnya yang dipamerkan adalah teknologi tentang hidroponik, packaging, grading, pertanian organik, desain rangka rumah kasa, lampu LED untuk penerangan tanaman, dome house dan juga ada diskusi atau workshop. Ohya, tiket masuknya seharga 3000 yen, namun gratis jika kita membawa formulir dan 2 business card. Di lokasi ini juga banyak expo lainnya yang bisa dikunjungi. Ke depan moga berbagai event menarik serupa bisa dikunjungi. Kesempatan seperti ini harus dimanfaatkan. Dan ada baiknya memang ajak teman yang lancar bahasa Jepangnya agar interaksi lebih maksimal. 🙂

Tokyo, 20 Desember 2016

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on December 20, 2016 in Jepang

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: