RSS

Farewell Party

24 Feb
Pic. Kyoto University FB

Pic. Kyoto University FB

Kebiasaan disini, jika ada anggota lab yang baru datang maka mereka mengadakan welcome party dan yang segera pulang karena masa studi usai, atau program research student dan kunjungan yang sudah tuntas dan besok mengharuskan mereka kembali ke negara masing-masing maka mereka juga berinisiatif mengadakan farewell party.

Farewell party atau disini disebut “Oikon” umumnya dilakukan dengan membayar sendiri-sendiri. Ada yang membayar dengan dipukul rata, ada juga yang mau pulang membayar lebih kecil, sedangkan di laboratorium kami yang akan pulang tidak membayar sama sekali. Biaya per orang 3500 yen atau sekitar Rp 350.000,- dengan menu; minuman, makanan ringan cemilan, makanan beratnya nasi goreng dan spaghetti.

Persis sebagaimana welcome party, farewell party dilakukan sederhana, tidak sebagaimana pesta yang saya bayangkan ala barat dengan musik dan hingar bingarnya. Di Jepang, lebih ke sisi ngobrolnya, yang dibicarakan pun bermacam tema, mulai dari pekembangan riset, keluarga, rencana liburan, dan rencana apa yang mau dilakukan ke depan. Kalau welcome party kemarin diadakan di kampus, kali ini teman kami, Minori san yang dipercaya Sensei untuk mengkoordinir mengadakannya di sebuah cafe pinggir sungai Kamogawa, kemarin Selasa, 23 Februari 2016.

Awalnya dibuka dulu dan dipersilahkan menikmati minuman dan makanan. Kami tentunya memesan jus jeruk sedangkan teman-teman Jepang dna lainnya memesan bir atau wine. Dan makanan yang disediakan kali ini khusus dipesan halal. Di lab kami 25% anggotanya muslim. Jadi kebiasaan menghargai dengan menyediakan makanan halal sudah mereka lakukan. Apalagi isu makanan halal menjadi hal yang terus berkembang di Jepang. Alhamdulillah.

Dari 53 anggota Lab. Bio-Sensing Engineering, Kyoto University, sekitar 11 orang akan meninggalkan Kyoto. Kebetulan kali ini ada juga kunjungan dari profesor India dari Indian Institutes of Technology. Dan semuanya yang akan pulang diminta memberikan kesan dan pesan. Nah kadang-kadang ada cerita lucu disini.

Khusus untuk kami yang akan pulang, biasanya yang disampaikan adalah tentang pengalaman menarik selama kebersamaan di laboratorium, dan tentunya apa yang akan dilakukan setelah ini. Sesekali sensei akan memperjelas tentang rencana spesifik, misal ada yang bekerja di perusahaan di Tokyo, maka kerjasamanya nanti ditunggu dalam bentuk kuliah tentang perusahaan di kelas. Bagi yang akan melanjutkan studi ke tempat lain pun diperjelas kemana dan tentu yang akan kembali lagi untuk jenjang yang lebih tinggi ditunggu kembali. Intinya komunikasi harap tetap dijaga dan jika datang ke kotanya, usahakan mampir.

Khusus di akhir acara, Sensei memberi kata penutup agar semuanya terus berkomunikasi, link-link yang semakin banyak di berbagai negara seperti China, Taiwan, India, Indonesia, Malaysia, dll hendaknya bisa dimanfaatkan. Tak lupa Kondo sensei mengingatkan bahwa ada perselisihan itu biasa, namun semua ada solusi. Memang dengan banyaknya anggota lab. dengan aktifitas yang sangat padat, “senggolan” di sana-sini sering terjadi.

Saya sendiri yang harus kembali sementara sebelum menempuh jenjang master, merasakan bahwa banyak hal yang bisa dipelajari disini. Banyak hal positif yang didapat. Mendapat kesempatan untuk belajar di Jepang adalah hal yang sejak dulu saya impikan meskipun tidak menyangka bahwa sekarang menjadi kenyataan. Alhamdulillah. Tentunya pengalaman ini semoga semakin mendewasakan dan membuat kita lebih siap lagi ke jenjang berikutnya. Detailnya akan saya tulis lain kali ya. 🙂

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on February 24, 2016 in Activity, Jepang

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: