RSS

Jejak Pertama di Negeri Matahari Terbit

17 Oct

Benar kata Rhenald Kasali, “Those who do not travel read only one chapter. Pergi keluar negeri memberikan banyak pengalaman berharga. Apalagi ini adalah keluar negeri pertamaku. Antara seneng, bingung, dan deg-degan bercampur menjadi satu. Sekelumit pertanyaan terus membebani pundak. Gimana nanti kalau kesasar? gimana komunikasinya? Jawab di imigrasinya seperti apa? Apalagi di bandara Kansai (Osaka) tidak ada teman yang menjemput. Siap-siap celingak-celinguk. Untunglah teman ngasih info untuk pesen travel via online dari Kansai ke Kyoto yang tarifnya 3.500 yen. Kumpulan petualangan “30 Paspor di Kelas Sang Profesor” memberi gambaran yang cukup buat bekal kita ke luar negeri.

Setelah transit di Denpasar dengan muter cukup jauh dari terminal kedatangan dalam negeri ke terminal pemberangkatan luar negeri, aura negeri orang sudah terasa. Dimana-mana banyak bule, wajah China, Jepang, Korea, dan juga banyak minuman keras, ini benar-benar sudah seperti negerinya orang lain. Pemeriksaan relatif lancar meskipun air mineral dalam botol yang kusimpan akhirnya disita. Pesawat Garuda yang mengantarkanku dari Denpasar ke Kansai Osaka berisi beberapa saja wajah Indonesia, lainnya wajah Jepang. Pelayanan Garuda sangat baik. Semoga besok pun ketika mengajak keluarga juga bisa menggunakan layanan Garuda 🙂

Kansai International Airport_readysettrek.com

Bandar udara internasional Kansai adalah bandara yang terletak di pulau di tengah teluk Osaka. Pemandangan ketika akan mendarat di pagi itu begitu mempesona. Pulau-pulau kecil kelihatan dan teluk Osaka semakin dekat. Kode bandara ini yang tertera di tiket KIX. Pertama kali yang terbersit di pikiranku, setelah mendarat terus kemana ini? Walau sebelumnya sudah searching, tapi tetep saja pengalaman pertama deg-degan. Langkah mantapku pun kutapakkan mengikuti kemana orang pergi. Ngekor! Hehehe. Ternyata mereka masuk kereta yang akan membawa ke bagian imigrasi. Satu persatu akhirnya kami menghadapi petugas imigrasi yang meminta kami berbaris tertib dengan bahasa Jepangnya. Antara orang Jepang dan orang asing dipisah.

Kansai gambar Wikipedia

Kansai gambar Wikipedia

Di saat antri, sempat memotret sebentar. Ternyata ada gambar dilarang mengambil foto, akhirnya HP kusimpan. Wawancara lancar dan saatnya mengambil bagasi. Betapa sedihnya ketika melihat koperku sobek. Padahal ketika berangkat masih bagus. Kemungkinan dibanting-banting. Tas kedua yang isinya laptop Alhamdulillah juga aman.

Menuju keluar dari Bandara Kansai, travel yang dicari pun mudah ditemukan, Yasaka Kansai Airport Shuttle. Ada berbagai alternatif, bisa memilih yang lainnya juga, tarifnya tidak jauh berbeda. Ketika membaca alamat dan berkasku, ternyata aku salah ketik alamat sewaktu pesan online. Dan saat memberitahu sopir tentang kesalahan itu dia bilang, no English! no English! Waduh… Puyeng aku @.@. Untunglah mba resepsionisnya bisa bahasa Inggris dan melihat bahwa di peta yang sopir gunakan sudah dibetulkan.

Selama perjalanan, yang bukan orang Jepang hanya aku. Dan ketika sudah satu jam berkendara, sopir tiba-tiba menepi di rest area. Sambil membuka pintu, dia menawarkan kepada siapapun penumpang yang akan ke toilet untuk turun. Ternyata tidak ada penumpang yang ingin ke kamar kecil, sambil tersenyum ditutup lagi pintu mobil dan perjalanan dilanjutkan. Akhirnya sampailah giliranku penumpang terakhir untuk diantarkan ke rumah temenku Asif. Alhamdulillah akhirnya bisa bertemu juga dengan saudaraku ini untuk pertama kali. Di kontrakan Asif ini aku menumpang selama beberapa hari sebelum pindah ke Ohbaku International House.

Advertisements
 
2 Comments

Posted by on October 17, 2015 in Jepang

 

Tags: , ,

2 responses to “Jejak Pertama di Negeri Matahari Terbit

  1. Lizia

    November 14, 2015 at 18:54

    Hehehe..lucu ceritanya. Klo aq alhamdulillah lbh beruntung krn berangkat pertama kali banyak temennya & dapet jemputan gratis pula dari kampus 🙂

    Like

     
    • zainurihanif

      December 7, 2015 at 21:25

      Hehe.. iya mbak. Pengalaman yang mendewasakan…

      Like

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: