RSS

Petuah Habibie

12 Feb

Lebih suka jadi presiden atau bikin pesawat?
“Saya lebih suka bikin pesawat. Semua rasional dan tidak ada pikiran yang tidak jujur dan tidak transparan, karena jikalau ada manipulasi, pesawat terbang akan jatuh!”
(Habibie)

 

Habibie Quote

Habibie adalah sosok inspiratif. Indonesia beruntung dianugerahi sosok seperti Habibie, meskipun potensi yang dimilikinya belum mendapat tempat yang layak di tanah air ini. Berbagai persoalan politik menyanderanya, terutama ketika karya besarnya justru “dibubarkan”. Ia terus berkarya dan sekarang ini pesawatnya mulai dipesan banyak negara. Karya-karyanya pun lebih dihargai bangsa lain.

Ada banyak Quote, tepatnya 50 motivasi Habibie di buku “Habibie, Tak Boleh Lelah dan Kalah!” Menikmati 50 gagasan brilian sembari mengenang kehidupan eyang. Buku ini dipersembahkan untuk generasi muda Indonesia. Buku ini ringan bacaannya, banyak gambar dan foto perjalanan hidup Habibie. Melihat fotonya sejak kecil, tampak Habibie memang sosok yang cerdas dan visioner. Habibie kecil tatapan matanya tajam, ia lebih suka meluangkan waktu membaca buku daripada bermain bersama teman-temannya. Ibunya benar-benar mendidik dengan segenap kasih sayang, bahkan tabungan keluarga di investasikan untuk pendidikan Habibie ke Jerman.

Buku ini bagus untuk dibaca dan memotivasi kita generasi muda. Habibie memotivasi kita sebagai generasi muda untuk terus berjuang. “Kita adalah keturunan bangsa pejuang, yang tidak mengenal lelah dan kalah!” Perjalanan dari masa kecil sampai puncaknya ketika menerbangkan pesawat N-250/Gatotkoco menjadi sebuah kisah yang menarik untuk disimak. Beberapa kisahnya memang bisa kita dapatkan di bukunya Habibie & Ainun. Dalam buku ini dikemukakan pula 50 gagasan (quote) brilian Habibie.

Dari 50 quote tersebut, saya pilih 10 yang bagi saya menarik. Untuk quote lainnya, bisa dibaca langsung di buku tersebut.

1. Mentalitas Kasir

Mentalitas “kasir” adalah sikap dan perilaku yang hanya memperhatikan pemasukan dan pengeluaran uang yang dipertanggungjawabkan saja, tanpa melihat (mengabaikan) latar belakang proses bagaimana pemasukan tersebut diperoleh. Apakah mempunyai nilai tambah (added value) ataukah sekedar biaya tambah (added cost).

Nilai tambah berarti ada proses produksi yang melibatkan peran sumber daya manusia, sehingga semakin terampil dan berpotensi langgeng (sustainable), sementara dalam biaya tambah tidak ada proses produksi yang melibatkan sumber daya manusia sehingga sifatnya tidak langgeng.

Sumber daya manusia mencerminkan kemampuan manusia menghasilkan sesuatu yang bernilai bagi dirinya dan manusia lain.

2. Utamakan Karya Nyata, Bukan Citra

Citra merupakan kulitnya saja, sedangkan karya adalah isi, berupa kemampuan dan prestasi nyata yang dapat dinikmati dan bermanfaat bagi masyarakat. Yang tepat adalah dengan menghasilkan karya nyata yang jelas akan memberi citra yang dikagumi masyarakat.

3. Cara Meningkatkan Daya Saing Sumber Daya Negeri

Meningkatkan keterampilan melalui suatu pendidikan tepat dan berguna! Titel kesarjanaan menarik tetapi tidak menentukan. Yang menentukan adalah kemampuan menyelesaikan masalah yang dihadapi sesuai harapan pemberi tugas dengan pengorbanan sedikit dan biaya serendah mungkin. Ini dapat diperoleh melalui pekerjaannya secara bertahap.

4. Karya atau Prestasi

Dua-duanya penting. Karya adalah ciptaan baru yang belum pernah ada dan dapat meningkatkan kualitas hidup dalam arti yang luas. Prestasi adalah kemampuan untuk merealisasikan karya sesuai jadwal yang dibiayai dengan pengorbanan serendah mungkin.

5. Mengetahui Cita-cita Sejak Dini

Cita-cita saya sejak kecil ialah menjadi “ahli rekayasa bidang teknik” atau juga dikenal sebagai insinyur. Mengetahui dan memiliki cita-cita sejak dini amat penting, karena dapat menjadi semangat pendorong dan yang mengarahkan pencapaian cita-cita tersebut.

6. Proses Menuju Keunggulan

Tiap manusia memiliki 24 jam sehari, 720-744 jam sebulan atau 8.736 – 8.760 jam setahun. Tidak lebih dan tidak kurang. Pertanyaannya adalah; Mengapa karya dan prestasi nyata A dapat diselesaikan dalam waktu hanya 100 jam sedangkan untuk menyelesaikan karya dan prestasi yang sama, B membutuhkan 1.000 jam? Mengapa A memiliki produktivitas dan keterampilan yang lebih tinggi daripada B? Apa sebabnya?

Kualitas prestasi ditentukan antara lain oleh disiplin dan efisiensi bekerja sebagai hasil dari proses “pembudayaan”, sedangkan keterampilan dan produktivitas adalah hasil dari proses “pendidikan” yang bersangkutan.

7. Makna Keluarga

Keluarga adalah sumber motivasi dan pendorong untuk terus bekerja keras dan berkarya untuk meningkatkan kesejahteraan, ketenteraman, serta kualitas hidup yang bermoral dan bertanggung jawab!

8. Menumbuhkan Semangat Mencintai Bangsa

Cara saya menumbuhkan semangat mencintai bangsa kepada anak-anak adalah dengan memberi informasi mengenai rencana dan hasil pekerjaan serta menjadi panutan dengan karya nyata. Bagaikan sumur yang airnya bersih terus mengalir, sehingga sekitarnya tumbuh dan mekar dengan subur.

9. Menjaga Cinta

Ketika saya melamar Ainun untuk menjadi istri, saya garis bawahi hal-hal berkitut;

  • Ainun dan saya harus terbuka, jujur dan tulus memberi dan menerima pandangan, pemikiran dan keinginan masing-masing. Antara kami tidak boleh ada sekat atau dinding pemisah.
  • Masa lampau Ainun adalah milik Ainun dan masa lampau saya adalah milik saya! Masa depan adalah milik Ainun dan saya.
  • Ainun dan saya berjanji untuk selalu bersama membangun keluarga sejahtera, penuh dengan cinta yang berakar pada nilai-nilai Al-Qur’an dan budaya kami.
  • Agar Ainun menjadikan saya sebagai suami yang ia idamkan dan saya menjadikan Ainun sebagai istri yang saya cita-citakan.

Jikalau saya mendapat godaan dalam bentuk apa saja, maka selalu saya kembalikan ke-4 kesepakatan Ainun dan saya tersebut. Jikalau saya mendapat godaan dari seorang wanita, maka saya bertanya apakah dapat saya terima dan biarkan jikalau Ainun mendapat godaan yang sama oleh seorang pria?

Jawabannya jelas: tidak akan saya tolerir! Hasilnya, saya dapat menahan diri serta tetap bersih dan suci dari dalam dan luar diri saya.

10 Detail dalam Karya

Kekuatan “rantai” ditentukan oleh keunggulan “mata-rantai” yang terlemah. Untuk mengetahui “mata-rantai” terlemah itu, maka harus dilaksanakan penelitian yang lebih rinci. Kesimpulannya adalah; Kualitas suatu produk ditentukan oleh mutu tiap detail!

 
1 Comment

Posted by on February 12, 2015 in Buku

 

Tags: , , , ,

One response to “Petuah Habibie

  1. seizeyours

    February 13, 2015 at 08:21

    Reblogged this on seizeyours and commented:
    10 dari 50 petuah sosok jenius yang amat dibanggakan bangsa Indonesia

    Like

     

Leave a Reply

 
