RSS

Mandambakan Perpustakaan yang Ramah Anak

24 Nov

mendongeng cerita anak

Akhir pekan kemarin kami mengunjungi kembali Perpustakaan Amin. Perpustakaan milik jatim park 1 yang lokasinya di seberang jalan Hutan Kota Batu ini memang unik. Selain bentuknya yang khas dengan kontainer-kontainer, bukunya lumayan beragam. Mulai dari dongeng anak, resep masakan, novel, buku motivasi sampai kumpulan majalah populer.

Mengajak 2 anak kecil, tentunya sebelum mampir kami sempatkan membeli cemilan, susu kotak dan snack ringan. Kami pun tahu bahwa ada larangan membawa makanan di dalam perpustakaan. Oleh karena itu, rencananya akan kami makan di luar saja, di kursi dan meja yang ada di luar kontainer, bukan di area buku dan rak-raknya.

Ketika masuk, penjaga sudah memperingatkan untuk menitipkan semua barang bawaan. Tas utama kami titipkan dan sebelum masuk, ternyata anak kami minta minum. Kami pun membuka snack di meja kursi yang disediakan itu dan ternyata mendapat peringatan beberapa kali. Menyadari ketidaknyamanan ini, akhirnya ketika akan masuk ke lantai 3 semua kutitipkan di loker. Aneh aja, dilarang makan dan minum tapi di kasir petugas dijual beberapa cemilan. Dan ada kertas yang bertebaran tidak diambil. Sedangkan kami hanya makan di luar ruangan, bukan di dalam.

“Aturan ya tetap aturan, begitulah tulisannya dan harus ditaati.” Itulah yang diutarakan mbak penjaganya ke kami ketika kami sarankan meninjau aturan itu. Yah, daripada rame dan membuat bete, tamu kan emang harus ikut aturan pengunjung. Tampaknya memang perpustakaan kita banyak yang belum ramah anak. Cara memberi nasehat dan membuat berbagai aturan memang harus disesuaikan dengan tingkah laku dan kebutuhan anak-anak.

Tentu, jika menilik aturan, kamilah yang salah. Apalagi anak kami Fadhil lari kesana-kemari. Memang untuk buku favoritnya seperti aneka hewan dan transportasi ia tampak asyik dan justru aktif berceloteh. Bahkan ketika diceritakan beberapa dongeng ia suka, antusias dan mendengarkan. Namun, jika sudah agak bosan, ia lari kesana-kemari lagi dan setelah puas baru kembali minta dongeng buku yang lain.

Di manakah ada perpustakaan yang mampu membuat anak nyaman dan riang gembira tanpa khawatir mengganggu pengunjung lainnya? Jika perpustakaan umumnya untuk usia 10 tahun ke atas, adakah yang khusus 10 tahun ke bawah? Yang juga menyediakan ruang permainan sehingga sejak dini para orang tua bisa mengajak berkunjung melewatkan waktu yang berkualitas bersama.

 Sudut yang menarik, lantai berkaca tembus ke taman


Sudut yang menarik, lantai berkaca tembus ke taman

Di beberapa kota, perpustakaan yang ramah anak itu sudah ada, bahkan ada mobil khusus yang datang setiap pekan menyapa mereka. Banyak LSM sudah bergerak menginisiasi berbagai bentuk perpustakaan di daerah. Yang terpenting buku-buku yang disediakan untuk mereka harus berkualitas. Jangan yang terlampau berat, apalagi yang justru memperkenalkan berbagai hal yang menyalahi prinsip agama. Maka, organisasi Islam dan jamaah islam seperti NU, Muhammadiyah, Hidayatullah, Wahdah Islamiyah, Persis, dll haruslah yang turut mempelopori dan mengawali ini. Karena apa yang mereka terima sejak kecil dapat membekas untuk waktu yang lama.

Ibarat perlakuan kepada semen basah, perlakuan pada anak akan membekas hingga waktu yang lama. Keluarga memberi andil terbesar dalam membentuk kepribadian anak. Sedari dini orang tua haruslah memprogram diri untuk lebih banyak memberikan pengaruh yang positif untuk mengimbangi berbagai pengaruh lain (terutama yang negatif) dari media dan lingkungan. [z@in]

This slideshow requires JavaScript.

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on November 24, 2014 in Activity

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: