RSS

Nyata dan Semu

07 Aug

Nyata dan semu itu beda, meski kini terasa sulit dibedakan. Awalnya,  ketika kita menyerahkan sumber informasi pada media, indera kita memang bertambah jangkauannya. Tetapi, kita kemudian kehilangan kejernihan. Fakta tidak lagi realitas pertama, tetapi realitas kesekian hasil bentukan. Apa yang kemudian kita kenal sebagai representasi pada sejatinya selalu menyimpan dsitorsi.

Kita tiba-tiba tersadar atau banyak juga yang belum, betapa perhatian  kita diarahkan. Kita ‘dipaksa’ menikmati informasi yang tak sepenuhnya kita butuhkan. Ruang privat kita disambangi begitu saja tanpa permisi, tanpa filter oleh televisi. Kita tak hanya ‘dipaksa’ menyimak satu peristiwa, tetapi juga ‘dipaksa’ menerima satu sudut pandang.

Nyata dan semu itu tidak sama tetapi batasnya menjadi kabur oleh kecenderungan berpikir kita. Batas antara nyata dan semu mestinya ada, tetapi seringkali kabur oleh permainan logika. Seperti kudeta di Mesir yang oleh kaum sekuler-liberal dibungkus dengan istilah “penyelamatan” dari kelompok oposisi yang ingin mendominasi pemerintahan. Berbagai alasan yang itu terbukti fitnah dibungkus sedemikian rupa mampu menyihir publik yang tidak kritis.

Beruntung, pada zaman sekarang ini media tidak hanya didominasi elit tertentu, perlahan tapi pasti media sosial  yang mempunyai sisi keunggulan update dan citizen jurnalism mampu mengimbangi dan memberi fakta lain yang sengaja dibuang dan  dipinggirkan.

Batas antara nyata dan semu mungkin terasa semakin kabur. Tetapi kita sadar keduanya sangatlah berbeda. Terlebih jika kita sisakan sedikit akal sehat dan hati nurani. #tarbawi

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on August 7, 2013 in Opini

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: