RSS

Taman Baca Asyik di Kota Wisata Batu

25 Jul

“Sebuah perpustakaan kecil yang tumbuh lebih besar dari tahun ke tahun adalah bagian yang patut dihargai dari sejarah hidup seseorang. Manusia mempunyai tugas untuk memiliki buku-buku. Perpustakaan bukanlah suatu kemewahan, melainkan merupakan sesuatu yang diperlukan di dalam hidup.” ― Henry Ward Beecher

 

fotokompas

foto@kompas.com

Batu ternyata memiliki perpustakaan unik. Berawal dari cerita teman istri yang pernah berkunjung kesana dan menunjukkan fotonya, istri pun tertarik dan minta diajak ke sana malam harinya. Perpustakaan Amin namanya. Letaknya dijalan kembar Sultan Agung dekat dengan Jatim Park 1, atau tepatnya di seberang hutan kota depan stadion Brantas. Malam itu hujan deras, saya kira sepi tidak ada pengunjung sama sekali. Ternyata ada 6 orang selain kami yang berkunjung. Mereka tampak asyik membaca di pojokan.

Bangunan perpustakaan ini ada di lantai 2. Di lantai pertama terdapat poligigi gratis yang buka tiap Jum’at dan Minggu pukul 13.00-16.00. Dan bangunan kedua adalah perpustakaan itu sendiri yang buka setiap hari pukul 14.00-21.00 (Sabtu-Ahad, hari libur tetap buka).

amin perpustakaan - buku impian 2

Perpustakaan ini berasal dari 7 container dengan ukuran yang berbeda-beda. Terdapat 3 container berukuran 20 feet dan 4 container berukuran 40 feet. Inilah yang banyak pihak menganggap taman baca ini unik karena dibuat dari container bekas. Barang yang di luar sana tidak berguna menjadi begitu bermanfaat. Persis seperti TK Al Fallah yang membuat perpustakaan dari pesawat terbang. Pesawat ini menjadi icon TK itu yang membuat banyak anak-anak tertarik. Sayang, penggunaannya terbatas untuk internal saja.

Yang membuat nyaman di taman baca ini adalah kebersihan tempat, bukunya pun cukup banyak konon sampai 6.000 judul, walau melihat raknya masih banyak yang kosong, bukunya masih perlu diperbanyak. Tempatnya bersih, ruangan juga lebar. Di beberapa lokasi ada tempat duduk. Sofa di tengah ruangan lantai 2 sangat pas untuk santai walau sudah jebol-jebol.

amin perpustakaan - buku impian

Adanya perpustakaan ini memang sangat membantu kita-kita yang senang membaca. Beberapa bukunya baru dan populer. Banyak pula langganan majalah seperti Trubus, National Geographic dan berbagai tabloid masak lainnya. Jika bosan dan ingin memanfaatkan waktu luang dengan lebih baik, mainlah ke Perpustakaan Amin ini.

 amin perpustakaan - ruang baca buku

Foto di atas adalah tampak dalam perpustakaan amin. Tempat duduk cukup nyaman. Jika pengunjung banyak, ada ruang baca di luar ruang. Tapi kalau malam ya dingin, tidak dianjurkan membaca di luar  :nyerah:.  Buku koleksi tidak boleh dibawa pulang, sehingga bawa catatan lebih baik.

 

Advertisements
 
2 Comments

Posted by on July 25, 2013 in info

 

Tags: , ,

2 responses to “Taman Baca Asyik di Kota Wisata Batu

  1. Sandi Iswahyudi

    March 5, 2016 at 10:16

    sejak kemarin mau mampir ke sini selalu gagal pak. soalnya pas tutup hehe

    Like

     
    • zainurihanif

      March 5, 2016 at 13:40

      Anda belum beruntung mas… hehe.
      Iya, kadang walau pas jadwalnya buka tutup juga.
      Baiknya memang ada web atau FB Fanpage yang bisa diakses. Jadi sebelum datang, kita cek.

      Like

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: