RSS

TVRI Mulai Berbenah

22 Jul

”The person risks nothing does nothing, has nothing and is nothing,   He may avoid suffering and sorrow but he cannot fell, learn, grow and love.” Kurang lebih artinya beginilah.  ”Orang-orang yang tidak menjalani hidup beresiko akan tak memiliki apa-apa, dan ia nothing (tak ada apa-apanya).  Mereka  menghindari kepahitan dan rasa sakit, tetapi tidak bisa merasa, belajar, tumbuh dan mencintai.” (Rhenald Kasali)

Selama dua dekade ini, TVRI mengalami stagnasi, bahkan merosot daya saingnya seiring dengan kemunculan berbagai TV Swasta yang punya positioning kuat dan lebih dinamis. TV persatuan ini seakan mengalami gagal tumbuh yang berakibat pada mangkraknya berbagai fasilitas negara. Namun, baru-baru ini TVRI mulai berbenah, tayangannya sudah mulai mengimbangi televisi swasta dalam hal program inspiratif dan kualitas gambarnya. Namun TVRI perlu melakukan positioning yang kuat agar tidak setengah-tengah dalam melakukan perbaikan.

MBC, TV Korea Selatan khusus menggarap budaya. Sehingga beberapa kampanye budayanya berwujud film apik drama korea yang digemari bahkan sampai Indonesia. Ada Dae Jang Geum yang menjadi tayangan (film) nasional, Dong Yi dan berbagai Drama Kerajaan Korea (Sageuk) lainnya. Pemuda-pemudi Indonesia justru lebih mengenal budaya bangsa Korea dibanding budaya negeri sendiri. Bahkan, istilah pakaiannya pun sangat detail dan diikuti. Nah, jika TVRI terus bersaing dengan sepakbola (liga itali), acara music, dan berita tentunya berat membagi konsentrasi SDM-nya. Bandingkan dengan TV one dan Metro TV yang fokus ke berita, Indosiar yang fokus ke Drama.

Hal yang sangat positif saat ini adalah munculnya acara “Rumah Perubahan” Rhenald Khasali, dan berbagai program trainingnya. TVRI akan lebih menarik jika menggarap segmentasi budaya Indonesia yang melingkupi kearifan lokal, pariwisata, ekspedisi dan program Inspiratif seperti “Rumah Perubahan” itu. Semoga TVRI mampu terus berbenah dan mampu memberi kontribusi positif untuk kemajuan bangsa.

 

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on July 22, 2013 in Opini

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: