RSS

Ayo Mudik, Kangen Keluarga nih…

16 Aug

pic.fb. the real suara rumput liar

Mudik memberi arti begitu spesial bagi banyak orang. Bagi kami, inilah saatnya digunakan untuk silaturrahim dengan keluarga besar. Walau harus berdesakan di terminal, bayangan kumpul dan menikmati kebersamaan dengan keluarga terasa begitu menyenangkan. Ya jelas, daripada lebaran sendiri di rantauan. Tengak-tenguk gak karuan.  :hmm:

Nah, jika bermudik hendaknya berhati-hati. Mudik membawa konsekuensi nyawa yang cukup besar. Demi mudik banyak yang rela membahayakan jiwanya dengan bergelantungan di pintu kereta api, naik motor dengan kondisi lelah dan berbagai kelalaian lainnya. Menurut Kompas, jumlah korban kecelakaan pada Lebaran 2011 sebanyak 4.744 insiden yang terdiri atas 779 korban meninggal dunia, 1.334 korban luka berat, dan 3.433 korban luka ringan. Tahun 2010, total korban kecelakaan sebanyak 3.633 korban yang terdiri atas 835 korban meninggal dunia, 1.135 korban luka berat, dan 2.259 korban luka ringan.

Ada yang menyarankan tidak memakai kendaraan bermotor roda dua. Lalu mereka harus mudik naik apa? bus yang disediakan oleh perusahaan dengan “mudik gratisnya” sangat terbatas dan melayani kota tertentu saja. Disisi lain pemerintah belum mampu memfasilitasi jalur kereta yang aman, atau jalan yang mulus dan lebar, yang ada justru sering kita jumpai perbaikan jalan masih belum selesai.

Toh begitu, budaya mudik yang memang tidak bisa dihapuskan karena segudang manfaat dibanding mudhorotnya perlu selalu ditata dari tahun ke tahun agar fasilitasnya setara olimpiade kemarin itu tuh… jutaan orang bisa diangkut sehari di transportasi rel bawah tanah.

Banyak hal yang bisa kita lakukan. Kalo kami ya selain refreshing, silaturrahim ingin jalan-jalan di Kota Batang, tempat tinggal keluarga istri. Biasanya kegiatan mudik diisi dengan buka bersama, reuni angkatan dan reuni kelas dan ikut trah keluarga.

Nah, berhubung tahun ini si-kecil (fadhil) sedang kangen-kangennya sama eyangnya, maka mudik kali ini full di rumah eyang di Batang. Insya Allah waktu yang tidak lama -kurang dari 1 pekan- semoga bisa optimal. Berangkat dan pulang dengan selamat. Dan juga penuh berkah dan hikmah.

Semoga Ramadhan yang hampir berlalu ini mampu mengubah kita menjadi insan yang lebih baik. Jangan sampai Ramadhan ini berlalu begitu saja.

Mari kita gunakan segenap energi Ramadhan kita untuk perubahan di negeri kita. Mari kita benahi negeri kita setelah kita selesai membenahi diri kita sendiri selama bulan Ramadhan. Mari kita bawa ruh Ramadhan ke dalam pergulatan hidup sehari-hari yang nyata.

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on August 16, 2012 in Activity

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: