RSS

Jamuan Ramadhan bagi Keluarga

22 Jul

Jamuan Ramadhan yang bisa dilakukan bersama-sama dengan keluarga, di antaranya adalah:

  1. Memperbanyak silaturrahim dengan kunjungan atau menghubungi lewat telpon. Sebaik-baik silaturrahim adalah kunjungan ke kedua orang tua, kemudian yang terdekat dengan tetap memperhatikan waktu yang sesuai, terutama sebelum Ramadhan atau dengan datangnya Iedul Fitri dengan memberi ucapan selamat –ucapan selamat memasuki Ramadhan atau ucapan selamat Iedul Fitri-.
  2. Mengadakan halaqah –lingkaran- keluarga pada waktu yang tepat, semua anggota keluarga bisa kumpul bersama, waktunya tidak harus lama, digunakan untuk menelaah tafsir Al-Qur’an atau hadits Nabi atau tema lain sesuai dengan kebutuhan, semua anggota keluarga aktif terlibat dalam halaqah ini. Atau juga meminta putra-putri kita untuk membacakan biografi kehidupan para sahabat Nabi.
  3. Di bawah naungan ayat: artinya anggota keluarga berkumpul bersama –waktu lebih longgar biasanyaa saat liburan pekanan- selama sepuluh menit sebelum waktu shalat tarawih, salah satu anak kita membacakan ayat-ayat Al-Qur’an dengan tartil, kemudian ayah atau ibu menerangkan isinya secara singkat dan mengkaitkan dengan realitas kehidupan. Memungkinkan kedua orang tua memilih ayat tertentu dengan target penanaman nilai atau sikap pada anak-anak atau dalam rangka meluruskan perilaku mereka.
  4. Perlombaan keluarga, seperti menghafal surat-surat pendek. Bisa dilaksanakan di awal atau pertengahan Ramadhan yang diikuti semua anggota keluarga dan pembagian hadiahnya pada hari pertama Iedul Fitri.
  5. Kotak sedekah, dengan menaruhnya di tempat strategis yang mudah dilihat dan dijangkau semua anggota keluarga. Sebagai wasilah untuk ‘membiasakan’ anggota keluarga berinfaq. Semua berinfaq dengan uang masing-masing. Menanamkan rasa merugi jika tidak berinfaq pada hari itu dengan mengajari mereka banyak-banyak beristighfar.
  6. Majalah dinding, melibatkan semua anggota keluarga, dengan tema yang beragam, ditempel di tempat khusus, isi dan pesannya diperbaharui sesuai dengan kebutuhan.
  7. Perpustakaan audio, tujuannya adalah memanfaatkan waktu luang, seperti seorang ibu ketika sedang menyiapkan buka puasa sambil mendengarkan tilawah atau ceramah atau yang bermanfaat lainnya, atau ketika sedang mengendarai mobil.
  8. Memberi makan orang yang berpuasa dengan hidangan yang sudah dipersiapkan di tempat-tempat berlainan.
  9. Memilih baju layak pake –biasanya dalam jumlah banyak- untuk kemudian dicuci kembali, disetrika rapi dan dihadiahkan kepada keluarga yang tidak mampu.

Apa yang disebutkan di atas adalah  contoh kegiatan yang sudah dilakukan oleh beberapa keluarga di Bulan Ramadhan, atau akan kita laksanakan pada tahun ini.

Silahkan masing-masing kita berkreasi dalam melaksanakan kegiatan Ramadhan, itu semua kita laksanakan dalam rangkan menikmati jamuan Ramadhan bersama keluarga.

 

sumber: Menikmati Jamuan Ramadhan karya Tim Maktaba Gaza

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on July 22, 2012 in Buku

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: