RSS

Lebaran Momentum Silaturrahmi

10 Sep

Idul Fitri memang saat yang menyenangkan. Setidaknya semua bagian keluarga bisa berkumpul dan menguatkan kembali ikatan tali persaudaraan. Bisa update memory, bercerita mengenai pengalaman hidup dan berbagai momentum silaturrahim syawalan dengan teman-teman, dari SD, SMP dan SMA.

Saat takbiran tadi malam, bertemu dengan perantauan Thailand, namanya Muhammad. Ia takjub dengan adanya takbiran keliling. hal yang tidak dijumpai di Thailand, bahkan kampung melayu disana. Walau orang Thailand, bahasa Indonesianya bagus, cukup lancar karena ia orang melayu.  Dari Solo tempatnya belajar ke Jogja untuk berkumpul dengan sesama perantauan asal negaranya untuk silaturrahim juga.

Rute takbiran p[un seperti biasa… keliling kampung Ambarrukmo. di jalan sempat bertemu dan ngobrol dengan teman SD, teman sekelompok belajar SD yaitu Timur Kurniawan yang rumahnya di belakang Ambarrukmo Plaza.

Ada yang beda, kesan ruh takbiran mulai sirna. bukan obor lagi tapi sekarang lampion upin dan ipin, ada juga Dora, Doraemon, Spongebob dan berbagai tokoh lain yang dujual seharga Rp 10 ribu. Lantunan takbir pun lebih banyak dari speaker CD. Lomba takbiran yang dulu sewaktu kecil sering dilakukan antar masjid tidak ada lagi. harapannya memang BKPRMI Sleman mampu mewadahi itu… tapi aktivisnya sudah banyak yang menghilang 😦

Syawalan dan Momentum Silaturahim

Seperti tahun kemarin, lebaran kali ini pasti digunakan temen-teman untuk berkumpul. Mulai dari teman SMP dan SMA mau mengadakan syawalan. Alhamdulillah senantiasa kompak. dan untuk SMA, sekarang jatah kelas kami kelas TOEMO (saTOE liMO dan TelOE ipa liMO) yang jadi panitia angkatan Teladan 2003. Insya Allah tahun ini menjadi syawalan terbaik yang pernah diadakan. Karena memang temen-temen lebih siap, jauh-jauh hari, bahkan selepas syawalan tahun kemarin selesai. Dari berbagai penjuru, tugas dan rapat online dilaksanakan… tujuannya ya biar silaturahim itu menjadi lebih bermakna.

Ada yang beda memang dari biasanya (ketika kami masih mahasiswa dulu)… waktu untuk melakukan silaturahim sekarang ini terasa sempit. Lha Selasa sudah harus come back ke Malang. Praktis cuma hari Sabtu dan Ahad, juga Senin yang bisa dimanfaatkan untuk itu. kumpul-kumpul ke rumah guru-guru dengan teman-teman alumni pun tidak bisa sebanyak dulu yang dikunjungi… ya, momen yang sangat dirindukan.

Sholat Ied di UIN Sunan Kalijaga

Seperti tahun-tahun sebelumnya, sholat Ied keluarga kami lakukan di lapangan UIN Sunan Kalijaga (UIN SUKA). Sekarang punya masjid baru yang dinamai, “Laboratorium Islam”. Entah kenapa dinamakan seperti itu, bentuknya juga seperti candi atau pundek berundak. Menara dan pintu masuknya yang membuat itu terasa masjid. Pengin mencicipi sholat disana…

Khotib sholat Ied adalah sang rektor, yaitu Prof. Dr. Amin Abdullah dengan judul “Agama: Mencari Keseimbangan Ritualitas dan Moralitas”. Berikut cuplikannya, “Ibadah puasa ibarat proses “turun mesin” kejiwaan manusia Muslim, selama satu tahun sekali. Kesediaan untuk melakukan koreksi, introspeksi, kritik, memupuk semangat perbaikan, selalu tercermin dalam menjalankan ibadah puasa. Pengendalian hawa nafsu, pengendalian diri dan jiwa berkorban pada umumnya seperti diungkap diatas, sebenarnya, tidak hanya terfokus pada kehidupan individu. Dataran individu ini pada saatnya, perlu dikaitkan dan diangkat ke level kehidupan sosial dan kepentingan publik. Dimensi ibadah sosial puasa meminta lembaga-lembaga sosial-kemasyarakatan, lembaga-lembaga sosial-keagamaan dan lembaga-lembaga negara untuk tetap selalu menghidupkan semangat social introspection, social critics, social auditing dan social control. Semuanya mengarah kepada penguatan kehidupan kesalehan publik yang lebih nyata dan meluas.”

Lapangan tempat yang dulu dipakai sholat ied sudah tidak ada dan sekarang kita memakai halaman parkir. tampak lebih padat dan sejuk memang karena ada para-paranya. UIN SUKA sekarang memang beda, lebih modern (bangunannya) dan yang pengin kukunjungi juga adalah perpustakaannya yang besar dan menarik hati itu…

Advertisements
 
5 Comments

Posted by on September 10, 2010 in umum

 

Tags: , , ,

5 responses to “Lebaran Momentum Silaturrahmi

  1. Zen

    September 27, 2010 at 09:39

    “tapi aktivisnya sudah banyak yang menghilang”
    satu orang menghilang ke Malang.. 😀

    reportasenya apik dan informatif mas.. like this lah.. ^^d

    Like

     
  2. Rudi

    October 5, 2010 at 19:12

    update reportnya donk nif ttg walimahannya :6:

    Like

     
  3. zainuri

    October 5, 2010 at 20:16

    report opo? :15:

    Like

     
  4. zainuri

    October 5, 2010 at 20:31

    :9:

    Like

     
  5. timur kurniawan

    November 20, 2010 at 22:29

    Sy kira yang punya nama timur kurniawan cuma saya ternyata ada juga yg sama

    Like

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: