RSS

Jangan Menambah tanpa Mengurangi

17 May

plus minusKonsep ini diperkenalkan oleh Francis Keppel yang merupakan komisioner pendidikan di era Presiden Kennedy. Pada tahun 1950-an, Frank diangkat menjadi dekan fakultas pendidikan di Harvard. Pada waktu itu, fakultas yang dipimpinnya tidak lebih dari rata-rata. Para staf pengajar cenderung menambah mata kuliah untuk mendongkrak nilai penting dan upah mereka. Untuk memperkuat kurikulum, Frank menetapkan aturan baru: Tidak boleh menambah mata kuliah tanpa mengurangi mata kuliah lainnya. Aturan itu dirancang untuk membuat staf pengajar berpikir dua kali mengenai kualitas dan relevansi suatu mata kuliah baru dan mengenai mata kuliah mana yang menurut mereka lebih jelek dan bisa dihapus,

Aturan Keppel ini berlaku pada semua bidang. Dalam kehidupan kita juga mengalami hal tersebut. Dalam bentuk fisik khususnya, kita dibenturkan dengan pilihan ketika menambah harus mengurangi yang sudah dipunyai. Tempat menyimpan barang kita terbatas, oleh karena itu barang lama harus dikurangi. Misalnya karena setiap hari koran langganan di rumah senantiasa bertambah, pada akhirnya yang lama harus dijual. Begitu pula dengan pengalaman kemarin ketika hardisk eksternal 160 Gg yang saya punya penuh dengan file pemberian teman, pilihannya adalah menambah (beli lagi) atau mengurangi yang sudah ada. Karena memang tidak semua file yang ada itu penting, maka pilihan terbaik adalah menghapus yang tidak penting daripada membeli. Setelah ditonton habis, beberapa serial film favorit seperti Heroes, Prison Break dan film2 action harus dihapus yang totalnya bisa mencapai 80 Gg, jadi saya masih menyisakan 80 Gg untuk hal lainnya.

Untuk kasus yang non fisik, John Naisbitt dalam bukunya Mind Sett menceritakan bahwa dalam proses menulis bukunya ia memulai dengan 27 pola pikir yang selama bertahun-tahun membantunya berpikir tentang masa depan. Jumlah itu rasanya terlalu banyak. Jadi ia berpikir ulang, pola pikir mana saja yang paling membantunya. Akhirnya ia memilih 10 dan mulai menulis tentang mereka. Dalam prosesnya akhirnya ia menambahkan pola pikir yang ke-11 yang setelah dikaji tidak kalah penting dengan yang lainnya. Akhirnya buku yang ditulisnya ketika saya baca kemarin, penilaian saya adalah sangat lugas, fokus dan berbobot. Fakta-fakta masa lalu dan sekarang yang digunakan untuk memprediksikan masa depan adalah fakta yang terpilih yang mampu membuat pembaca mengolahnya tanpa banyak ‘beban’ data.

Dalam olahraga prinsip ini senantiasa berlaku. Bola basket membatasi 12 pemain aktif dalam tiap tim di daftarnya. Sepakbola membatasi 11 pemain setiap tim yang bermain di lapangan. Jika sebuah tim menambah pemain, tim itu senantiasa harus berpikir keras siapa yang akan dilepas. Sedangkan Jack Welch memiliki aturan di GE bahwa setiap tahun, setiap unit harus menyingkirkan 10% karyawan yang berada di deret bawah yang dapat diganti dengan para kandidat yang lebih menjanjikan. Pola pikir ini membantu GE tetap konsisten dan berlaku di banyak bidang agar tetap fokus.

Sebagai seorang yang suka tantangan, sekian target hidup telah dicanangkan. Dan untuk meraihnya sebaiknya memang lakukan sekian target terlebih dahulu, fokus dan konsekuen dalam menjalankannya. Kebanyakan orang ingin melakukan banyak hal sekaligus. Namun pada akhirnya ia kewalahan dalam menjalani setiap proses untuk mencapai target yang juga harus diperjuangkan secara bersamaan.

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on May 17, 2009 in Artikel

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: