RSS

Sangat Nyaman Berkomunitas di KSAI

01 Dec

bendera-ksai-berkibarLPJ Essai KSAI Al Uswah (KIP-PUKAT)

Alhamdulillaahi rabbil’aalamiin, luar biasa rahmat Allah yang diberikan kepada kita, sehingga sampai detik ini kehidupan ini tetap dapat kita nikmati. Hidup yang penuh perjuangan, pengorbanan, dengan segala seluk-beluknya yang masih bisa dikenang.

Pula menjadi bagian dari perjalanan hidup ketika saya mendapat amanah sebagai pengurus KSAI Al Uswah. Bagian inipun tak akan pernah saya lupakan.

Setelah satu tahun melewati ujian untuk menunaikan sebuah amanah, izinkanlah pada kesempatan ini saya menyampaikan segala sesuatunya. Tentang amanah yang dengan ridhoNya dapat dilaksanakan dan dengan kemalasan saya belum dapat dipenuhi.

***

05-04-17_tftambarrukmo-08Pada awalnya, tidak pernah terlintas sebuah pikiranpun pun bagi saya untuk terjun jauh di kepengurusan KSAI. Standar bagi saya waktu itu adalah menjadi mentor, dan mem -follow up- nya. Tidak disangka, saya tiba-tiba harus memikul amanah sebagai pengelola KIP-PUKAT (Kajian Instensif Pekanan – Pengajian untuk Kelas Tiga). Tiba-tiba karena belum pernah sekalipun ada tawaran menjadi pengurus KSAI, dan belum pernah sekalipun diajak rembugan menyusun kepengurusan. Tapi tiba-tiba ditunjuk menjadi pengurus.

Ekspresi normal bagi orang yang tiba-tiba dikasih tugas, ‘saya bingung harus ngapain’. Dapat dipahami bahwa KIP PUKAT adalah sesuatu yang tidak akrab di telinga saya sebelumnya, apalagi masuk di dalamnya, atau tahu ada apa di dalamnya. Mentoring kelas 1 aja manut, kok ini disuruh ngurusi ‘mentoringnya’ kelas 2. Bingung deh!

Anehnya lagi ke -tiba-tiba-an dimanahi menjadi pengelola tidak diawali dengan transfer apapun tentang KIP PUKAT. Tidak ada satu pun hal yang menjadikan saya semangat ngurusi, karena tidak ada satupun Kakak yang mempromosikan KIP PUKAT ke saya, normal kan? Beruntung, waktu itu ada seorang ikhwan yang juga sama-sama bingung karena dimanahi posisi yang sama. Karena ada teman yang bingung bersama, perlahan-lahan ada perbaikan kondisi di dalam diri saya sendiri. Yang saya sendiri masih bingung sampai sekarang, ‘kok waktu itu tidak menolak ya?’

Secara bertahap, kami mencari informasi apa itu KIP PUKAT. Yang ikhwan ke Mas Salim yang akhwat ke Mbak Nurjazamnah. Yang memperingan beban saya adalah masukan dari Mas Salim, yang isinya kira kira, ‘Pengelola cuma merencanakan aktivitas bersama, materi diserahkan sepenuhnya ke para Murabbi’. Input dari beliau berdua memberi perubahan. Secara perlahan kami membuat sebuah kurikulum pedoman pelaksanaan KIP. Sayang yang PUKAT sampai sekarang tidak ada.

Setelah Muktamar KSAI, program-program KIP PUKAT harus lebih dirinci. Agenda KIP seakan berrubah drastis, setelah mendapat masukan-masukan dari lebih banyak orang, terutama 2003 sendiri. Oh ya, KSAI memang unik. Sebelum Muktamar, posisi-posisi jabatan kok sudah fix dan harus sudah jalan?. Bisa dibayangkan, sambil menyusun program sebagai pengurus baru, kami sudah harus melaksanakan banyak hal di KIP PUKAT. Mulai dari membuat kurikulum, pendataan sampai penataan kelompok-kelompok. Tambah uniknya lagi, tempo waktu mulai dari ‘tiba-tiba ditunjuk jadi pengelola’ sampai buku program jadi sampai 3 bulan lebih.

Satu tahun berlalu dengan banyak cerita. Para Murabbi yang sulit dikumpulkan untuk FMI (Forum Murobbi Ikhwan). Proses memperoleh data perkembangan yang sangat sulit (ini faktor Murabbi juga ding). Kelompok yang tidak stabil, bahkan hilang dari peredaran (ini faktor Murabbi lagi kayaknya). Dan lain–lain. Yang pasti semakin hari semakin bertambahlah pengalaman. Dan semoga pengelolaan kami juga semakin baik.

***

KIP PUKAT adalah media penggemblengan kader dakwah yang sangat penting di SMA 1. Maka pengelolaannya harus dilakukan secara profesional. Beberapa syarat proses managerial yang baik adalah input informasi yang baik serta proses pengambilan keputusan yang benar. Sayangnya, selama ini saya –bahkan kami- belum mendapatkan input informasi yang cukup untuk melakukan sebuah kebijakan yang baik. Seharusnya , informasi mulai dari arah kebijakan tarbiyah dan dakwah pelajar sampai kejadian kecil di masing-masing kelompok terus menjadi input bagi pengelola secara lengkap –tidak parsial apalagi ada yang disembunyikan. Tetapi ternyata, hal seperti itu jarang sekali menjadi input harian kami, yang bahkan seharusnya selalu ter-update setiap saat. Keadaan diperparah dengan proses pengambilan keputusan yang tidak cukup baik. Murabbi sulit hadir semua dalam FM (Forum Murobbi) telah cukup membuat kebijakan yang diambil njomplang dan tidak menyeluruh.

Namun demikian, faktor ketidakberesan juga dominan datang dari diri saya sendiri. Untuk itu saya secara pribadi mohon maaf sebesar-besarnya pada semua pengurus KSAI karena ketidakkonsistennya saya dalam mengurusi KIP PUKAT.

***

Pengelolaan KIP PUKAT tidak bisa terlepas dari bantuan semua teman-teman di KSAI, terutama 2003 ‘the unforgettable spirit!’ Pada kesempatan ini saya sampaikan banyak terimakasih pada semua teman-teman yang selama ini membersamai. Ratih, Amah, Winda, Hifni, Hanif, Iqbal, Imam. Tak lupa pula terimakasih kepada Mas Salim, Mbak Nur, Mas Rois atas sarannya. Serta semuanya atas semuanya, yang tak bisa disebutkan satu-persatu. Saya termasuk oarang yang sangat nyaman ber-komunitas di KSAI. Selain aneh dan unik, saya merasa teman-teman di KSAI adalah orang-orang yang paling profesional di jamannya. Ya 99, ya 2001, ya 2002, ya 2003, ya 2004, ya yang lain. Ini jugalah salah satu alasan saya bergabung membuat jaket KSAI, saya ingin mengenang KSAI selamanya.

***

Akhir kata, semoga “cerita” ini ini dapat menjadi referensi di tahun-tahun mendatang sehingga KIP PUKAT dan KSAI dapat semakin menunjukkan kehebatannya sebanding dengan potensinya yang luar biasa.

Ratio Fitra Maliki,

Koordinator KIP-PUKAT Ikhwan KSAI Al Uswah 2004-2005

 
Leave a comment

Posted by on December 1, 2008 in Al Uswah

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

 
