RSS

Da’i Bersenjata Pena

09 Jun

 

Era informasi yang ditandai munculnya banyak media massa, baik berupa koran tabloid, majalah, televisi, juga internet harus dianggap sebagai tantangan sekaligus ditangkap sebagai peluang strategis.

 

Sudah saatnya dakwah tak melulu disampaikan secara oral (bi al-lisan) di atas mimbar ceramah atau pengajian. Dakwah juga perlu merambah sarana yang lain yang lebih strategis, diantaranya da’wah bil qolam (dakwah dengan pena / tulisan) melalui media massa (termasuk internet).

 

Objek dan cakupan da’wah bil qolam lebih banyak dan luas. Karena pesan dakwah dan informasi Islam yang dituliskan dapat dibaca oleh ratusan, ribuan, bahkan ratusan ribu dan jutaan orang pembaca dalam waktu yang bersamaan maupun berbeda kesempatan. Bahkan bisa dibaca ulang beberapa kali.  

 

Dengan kepiawaian meramu persoalan dalam bentuk kemasan tulisan yang enak, menarik dan mudah dipahami, secara pelan tapi pasti akan mampu membangun tonggak-tonggak kritis ummat. Sehingga umat Islam secara pelan-pelan nentinya tidak sekadar menjadi konsumen informasi saja tetapi juga mampu menjadi produsen informasi. Sehingga unsur media massa sebagai pemberi informasi (to inform), mendidik (to educate), menghibur (to entertain) dan sebagai sarana kontrol sosial (as social control) bisa kita penuhi.

 

Digalakkannya media informasi dalam berbagai bentuk, misalnya buletin, majalah, koran, dan penguasaan internet di remaja masjid, organisasi sekolah, kampus dan komunitas dakwah lainnya adalah suatu hal yang mutlak untuk dilakukan agar dakwah (Islam) yang kita lakukan lebih efektif dan gemanya bertahan lebih lama. Berbagai informasi mengenai khasanah Islam, juga info kegiatan dan berita menjadi hal yang sudah seharusnya kita sediakan. Kita mampu! Hanya dengan sedikit merapikan catatan dan membuat laporan, tentu bukan hal yang sulit bukan?

 

Ledakan pengguna internet akan terjadi di Indonesia dengan diadakannya program internet goes to scholl. Mereka, pengguna pemula adalah orang yang haus oleh informasi. Maka, kita sebagai da’i ditantang untuk menjajakan materi dan informasi yang lebih menarik, bermanfaat, berpihak ke ummat bersaing dengan pihak lain yang justru merusak Islam. < Hnf

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on June 9, 2008 in Artikel

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: