RSS

Menjaga Antusiasme

07 Apr

Saresehan Pengurus Remaja Masjid Jogja

Berapa lamakah sebuah organisasi atau kelompok kita dapat bertahan dan bahkan berkembang? Jawabnya adalah selama kita dapat mempertahankan antusiasme dalam kelompok kita! Selama ada antusiasme dalam kelompok, kelompok kita akan bertahan. Hukum emosi atau perasaan mengatakan bahwa perasaan atau suasana hati itu menular! Oleh karena itu, kitalah yang harus senantiasa menjaga antusiasme terlebih dahulu. Jika kita antusias, maka dapat dipastikan seluruh anggota kelompok antusias. Selanjutnya, antusiasme itu bisa ditularkan ke masyarakat yang lebih luas.

Dalam ranah dakwah remaja masjid, hal itu bisa berarti FSRMY sebagai sebuah komunitas remaja masjid se-Jogja harus bisa menjaga semangat dan antusiasme pengurusnya sehingga program-programnya bisa terealisasi dan mendapatkan sambutan dengan sangat baik.

Setelah bertubi-tubi menyelenggarakan acara yang begitu padat dalam 2 bulan terakhir (yaitu Batram 1, Batram 2, Bedah buku di IBF sebanyak 3 acara, Training jurnalistik, Kajian 2 pekanan biro dakwah dan Kajian pekanan biro muslimah), FSRMY mengadakan saresehan pengurus yang diadakan pada Ahad, 6 April 2008 di ponpes Abdullah bin Abbas, Grojogan, Bantul.

Acara ini diformat dalam bentuk santai, yaitu mancing, makan dan ngobrol. Pengurus yang hadir berjumlah 40 orang yang meliputi PH dan staff dari 4 biro yang ada di FSRMY. Pesantren yang dirintis oleh pak Jazir (Ketua MPP BKPRMI) ini menjadi tempat kumpul yang asyik. Karena jauh dari hiruk pikuk Kota dan sangat lengkap fasilitasnya.

Beberapa pengurus mendapatkan pengalaman yang menarik karena amsing-masing mencoba memancing sampai membersihkan isi perut ikan untuk dimasak. Bagi yang mendapat ikan yang lumayan besar, tentu menjadi bahan santapan. Namun, yang mendapatkan ikan yang masih TPA (maksudnya kecil-kecil ^_^ ), meka dilepaskan lagi.

Setelah makan siang ada ramah tamah dengan Dr. Hery Bahrizal Tanjung M. Si. Beliau adalah Ketua Umum DPP BKPRMI (Dewan Pengurus Pusat Badan Koordinasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia) periode 2003-2006 yang sekarang menjadi dosen di Universitas Andalas. Beliau sangat salut melihat perkembangan dakwah masjid di Jogja. Setiap datang ke Jogja, selalu ada hal baru yang ditemuinya. Penekanan pentingnya membuat jaringan menjadi topik utama. Hal ini sangat beliau rasakan manfaatnya ketika harus berkeliling ke wilayah-wilayah, selalu saja ada saudara yang menyambut. Dan sambutan ikhwah ini tidak bisa dinilai dengan uang.

Dengan acara ini diharapkan antusiasme pengurus tetap terjaga bahkan terus tumbuh karena banyak ide yang belum terealisasikan. Bulan Mei 2008 juga menjadi bulan yang cukup krusial bagi FSRMY karena akan diadakan Pemilihan Raya Remaja Masjid Jogja. < Hnf

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on April 7, 2008 in umum

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: