RSS

Yang Kita Butuhkan adalah Tokoh, bukan Sekedar Pemimpin Biasa

30 Sep

Habibie

Tokoh mengandung nilai keteladanan. Ia tidak dibatasi oleh jabatan dan status sosial. Ia menjadi panutan dalam ekspresi kehidupan. Seringkali tokoh secara otomatis mengemban karakter kepemimpinan. Dan dikukuhkan sebagai pemimpin. Baik formal maupun informal.

Sedangkan pemimpin tidak serta merta menjadi tokoh. Pemimpin sangat kondisional terhadap status jabatannya. Itulah mengapa lebih mudah menjadi pemimpin daripada tokoh. Mencetak sosok seperti Soekarno yang cerdas, orator yang ulung dan pandai berdiplomasi tentu tidaklah mudah. Ketegasannya pun menjadi kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Dan dunia pun mengakui hal itu. Apabila Soekarno tidak memiliki ketegasan dan tekad yang kuat, mana mungkin Indonesia berani keluar dari PBB. Terlepas dari pendapat yang pro-kontra mengenai langkah yang dilakukan Soekarno, PBB saat ini pun masih saja menjadi hegemoni negara-negara besar terhadap negara kecil.

Siapa pula yang tidak mengakui keahlian B.J. Habibie. Selain sebagai Menristek terbaik yang pernah dimiliki Indonesia, Habibie pun mendapat kepercayaan sebagai president director salah satu perusaan penerbangan di Jerman. Salah satu teorinya tentang pergeseran sayap telah dipakai dunia internasional. Dan patut disayangkan, tenaga sekaliber Habibie disia-siakan oleh pemerintah kita “hanya” dengan alasan politik bahwa ia produk Orde baru. Padahal, belum ada anak bangsa lain yang dapat menggantikan posisinya.

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on September 30, 2007 in Artikel

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: