RSS

Menumbuhkan Pohon Persaudaraan sebagai Pemersatu Bangsa

30 Sep

Persahabatan dan Persaudaraan memang tak muncul secara instan. Ibarat pohon, harus dipupuk dan disirami. Kebiasaan dan perilaku yang mengarah kepada kekokohan persaudaraan urgent untuk dilakukan. Hal ini membutuhkan proses yang sangat panjang dan terus-menerus untuk dilakukan.

Seringkali, bahagia dan bencana bermula dari hal kecil. Bisa ada yang besar karena ada yang kecil. Gagasan besar adalah kumpulan ide-ide kecil. Rumah besar adalah tumpukan batu-bata kecil. Cita-cita besar adalah kumpulan anak tangga dari keinginan-keinginan kecil. Begitu seterusnya. Berikut langkah-langkah kecil yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan pohon persaudaraan yang kita harap dapat menjadi alat pemersatu sesama

Pertama, mengungkapkan perasaan batin terhadap saudara atau teman terdekat. Keterbukaan seperti ini, sangat berpengaruh pada kualitas persaudaraan dan persahabatan. Kontrol teman terhadap sikap yang telah kita lakukan sangat membantu terjalinnya sauasana yang kondusif. Kedua, memperbanyak interaksi secara langsung dengan lingkungan sekitar. Hal ini juga penting untuk membina jalur komunikasi yang baik antara satu pihak dengan pihak lain. Ketiga, bersikap empati dan peduli terhadap segala keadaan yang dialami saudara dan tetangga sekitar.

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on September 30, 2007 in Artikel

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: