RSS

Lika-liku Jilbabku

02 Aug

Ketika, buka file-file Rohis dulu, nyari titipin temen, nggak tahunya kebaca nih artikel jaduul… hehe… masa-masa Rohis kita dulu. Sudah kita muat di SALAM, mjalahnya Rohis Al Uswah 2001-2002 yang terbit perdana sekaligus untuk terakhir kali… wuah tragis ^_^… yap, semoga bermanfaat.

Jilbab Gedhe, Bikin Pedhe…

Assalamu’alaikum wr.wb…

Alloo…! Woiii…! bangun adik-adikku! Wah, how are you today? Fine khan??? Gimana rasanya setelah berhari-hari bermukim, eh salah (kalo bermukim kan pake nginep), maksudnya bersekolah di SMU 1 YK ini? Seneng khan? So adik2 udah tau dong seperti apa perikehidupan di SMU 1 YK? Kehidupan yang agamis di sekolah ini sangat mendukung KBM-nya lho! Buktinya…banyak siswa SMU 1 yang LULUS SPMB!

Salah satu kehidupan religius yang paling riil dan terlihat dengan jelas oleh mata kepala adalah JILBAB. Coba adik2 lihat,..lihat segalanya lebih dekat dan kau bisa…. (lho, kok malah nyasar ke lagunya Sherina, afwan…). Banyak bukan yang pake’ jilbab (tentunya yang akhwat, bukan yang ikhwan hehehe …J). Hal itu merupakan salah satu tanda bahwa syari’at agama di SMU 1 sangat diperhatikan. So, SELAMAT, CONGRATULATION! Buat adik2ku yang sekarang udah pake jilbab. Buat yang belum, DON’T BE AFRAID TO START IT!


Nah, mbahas tentang jilbab di ….. ini, ada someone interesting yang secara khusus SALAM interogasi (we…bukan ding!) wawancara maksudnya, tuk mengungkapkan seluruh perasaannya tentang jilbab. Beliau adalah bu Esti, ibu guru BK yang masih cantik dan sekarang semakin bersahaja setelah beliau memutuskan untuk menutup “perhiasannya”.

Berjilbab menurut Bu Esti merupakan suatu komitmen. Dulu bu Esti pun berjilbab, namun hanya pada event2 tertentu (misal pengajian). Sekarang, setelah keputusan bulat-bulat itu diambil, maka itu adalah suatu komitmen beliau tidak lagi jarang menggunakannya but ALWAYS!. Motivasinya adalah berjilbab itu suatu KEWAJIBAN (QS. Al Ahzab : 59) So, nggak ngawur jilbabannya kadang pake kadang copot. Dan lagi menurut Ibu Esti, kita anak-anak Teladan (ceile…) harus lebih konsekuen. Iya nggak sih?! Kalo ada yang belum konsekuen, yuk dimulai dari sekarang! Bu Esti sudah berkhusnudhon lhooo!

Sebuah perubahan…berjilbab, ya itu adalah suatu perubahan besar dalam diri seorang muslimah (dengan syarat : KOMITMEN). Meski ada lika-likunya, buat yang bingung ngadepin orang yang menanggapi saat kita berubah dan tidak pake jilbab, mungkin ceeerita Bu Esti ini bisa jadi solusi. Tanggapan Bu Esti terhadap komentar orang2 di sekelilingnya nich, istilahnya COOL aja! “Sudah putih rambutnya”, kata salah seorang teman lama bu Esti. “Arep umroh po BU?” komentar bapak kepala sekolah kita. “Ini risiko dan tetap jalan saja,” tandas Bu Esti. Tentang pengaruh berjilbab, “ Tentu ada, lebih enak,” komentar Bu Esti. Gitu nggak sih, pokmen dari (QS……)

BAJU KETAT? Hiiyyy…tapi kalau berjilbab? Gimana ya, setelah dimintai tanggapan mengenai hal itu, Bu Esti … “Itu sama saja, kalo mau menutup aurat ya bajunya jangan membentuk tubuh (we…)” Gimana menurut antum?

The last from Bu Esti, berjilbablah dengan penuh perasaan, maksudnya jangan jadikan suatu keterpaksaan (Terpaksa karena sekolah di SMU 1). Laksanakan dengan penuh tanggung jawab dan konsekuen. Tipsnya SIAPKAN MULAI DARI HATI!

Remember lho! DON’T BE AFRAID! Memang banyak sich orang2 bilang untuk memulainya sulit. Salah satu alasannya adalah faktor Keluarga. Ragu dan takut kalo keluarga nggak bisa menerima. “But, the fact is….. theng 3X (eh kaya’ pengumuman lomba aja…J) THE FACT IS dari orang2 berjilbab pemula yang sudah diwawancarai, mereka bilang ,“ Awalnya sich memang sulit untuk menanggung risiko tapi lama-kelamaan seiring dengan berjalannya waktu lingkungan sekitar pun akhirnya bisa menerima.” Mereka pun bilang sama kakak2 SALAM, ternyata dengan berjilbab itu banyak manfaat yang kita peroleh. Kelakuan yang semakin baik (kalo gitu pahalanya nambah lagi dong!), terjaga keselamatan, kemerdekaan serta hak-hak sebagai seorang wanita dan pasti kita akan selalu dilindungi Allah SWT Amiin….

Jadi, JILBAB adalah simbol penghambaan diri dan kemerdekaan seorang muslimah. Dengan JILBAB akan meninggikan derajat wanita muslimah dan hal itu bisa mencegah dari zina. Waaaw, begitu besar manfaatnya khan?


So, gimana setelah baca ini? Buat adik2ku yang udah berjilbab kalian harusnya bahagia dan bangga karena sudah mentaati salah satu perintah Allah. Dan buat adik2 yang belum, REMEMBER, DON’T BE AFRAID TO START IT! INSYA ALLAH, You will feel happy and safe after that than before…

Wallahuallam bishshawab….


Wassalamualaikum Wr. Wb.

Afwan yaaa, kalo kita ada salah! Namanya juga manungsaaa, pasti ada khilafnya dan salahnya. Afwan bangeet yaaa, espcially for my sisters ‘n imam… (mean : adik2 kelasku) and.. KEEP SMILING..J red:anik_richa_uun,Mm

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on August 2, 2007 in Al Uswah

 

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: